Monday, October 22, 2012


Cordura sering  digunakan dalam berbagai macam produk terutama koper, ransel, celana, pakaian militer dan pakaian yang dipergunakan untuk kebutuhan kinerja tingkat tinggi. Kain Cordura dikenal  daya tahannya terhadap abrasi, rembesan air serta tahan lecet. 
 

Cordura awalnya diperkenalkan sebagai kain jenis Rayon. Produk ini terus dikembangkan selama Perang Dunia II dan digunakan oleh militer sebagai bahan untuk ban . Pada tahun 1966, ketika formulasi baru dari nilon terbukti lebih unggul, nama merek Cordura kemudian ditransfer menjadi penyebutan untuk produk nilon.

Pada tahun 1977 peneliti menemukan suatu proses untuk pencelupan Cordura, yang membuka berbagai aplikasi komersial. Pada 1979 koper dengan bahan soft-sided Cordura telah berhasil meraup sekitar 40 persen pasar produk koper. Beberapa merek klasik yang tetap populer saat ini terus menggunakan kain Cordura dalam produk mereka.

Cordura kini juga digunakan dihampir semua bahan jaket sepeda motor atau celana dari kualitas menengah sampai paling tinggi karena ketahanannya terhadap abrasi. Bahan ini bisa kita temukan pada produk pakaian dan perlengkapan sepeda motor yang dibuat oleh perusahaan seperti Klim, Rukka, MotoPort, Rev'It, Olympia, AeroStich, dan Dainese.

Beberapa kain Cordura telah dirancang khusus untuk militer dan penggunaan outdoor lainnya. Kain Cordura memiliki sejarah militer yang lama (lebih dari 45 tahun), dan banyak spesifikasi kain militer Amerika Serikat didasarkan pada spesifikasi merek Cordura.

0 comments:

Post a Comment